Seminar Nasional Pertanian
Universitas Muhammadiyah Malang
Seminar Nasional Pertanian
Universitas Muhammadiyah Malang

latar belakang

 

LATAR BELAKANG

 

Pangan dan energi, merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Oleh sebab itu, penyediaan bahan pangan dan energi tersebut harus mendapatkan prioritas utama. 

Persoalan utama dari pemenuhan kebutuhan pangan dan energi Indonesia adalah masih belum seimbangnya antara permintaan dan penawaran, sehingga harus import. Dalam jangka panjang, kebijakan ini tidak menguntungkan karena dapat menyebabkan Indonesia masuk ke dalam ”perangkap pangan” atau  food trap negara maju. Food Trap dapat menjadi salah satu faktor yang menggerogoti devisa negara dan akan memperlemah bargaining position bangsa Indonesia di dalam kancah percaturan dunia. Disamping itu, sampai saat ini upaya pemenuhan energi di dalam negeri masih sangat tergantung pada energi fosil.  Di sisi lain sesungguhnya masih terdapat sumber energi biomasa yang jumlahnya cukup melimpah dan belum dimanfaatkan dengan baik.

Menyadari persoalan tersebut, maka Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhamamdiyah Malang, Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI), Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) dan Forum Pimpinan Fakultas Bidang Ilmu-ilmu Pertanian PTM (FPFBIP-PTM) se-Indonesia bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional dan Agro-complex – Expo 2013.

Shared: